Berbatov: Perseteruan Pogba dan Mourinho Seharusnya tak Diumbar ke Publik

Manchester: Dimitar Berbatov heran dengan sikap yang ditunjukkan Paul Pogba dan Jose Mourinho. Mantan striker Manchester United itu menyarankan keduanya agar permasalahan yang ada diselesaikan secara privat.

Hubungan keduanya diketahui semakin tak harmonis dari hari ke hari. Ini bermula ketika Pogba mengkritik permainan United yang cenderung bertahan, yang secara tak langsung mengindikasikan bahwa Mourinho tidak menerapkan skema menyerang dengan baik.

Mourinho belakangan membantah adanya friksi dengan Pogba. Akan tetapi, pada sesi latihan usai malamnya Setan Merah tumbang di tangan Derby County, ada rekaman kejadian yang membuat publik merasa kalau kedua figur tengah berseteru.

Dalam rekaman cuplikan tersebut, Pogba awalnya terlihat riang, menyalami staf pelatih United, termasuk Michael Carrick, namun tiba-tiba gesturnya berubah seakan mendengar hal yang kurang menyenangkan dari mulut sang manajer.

Berbatov, striker Man United tahun 2008-2012, punya saran kepada Pogba dan juga Mourinho. Ia tidak melarang pesepak bola untuk kritis dan menyampaikan ketidaksukaan kepada manajer, baik atas nama sendiri ataupun mewakil rekan setimnya, namun harus dilakukan secara baik-baik.

“Anda seorang kapten atau wakil kapten, dan Anda frontal soal berbicara mewakili pemain, tak ada masalah saat Anda mengutarakan hal apapun kepada manajer. Akan tetapi, tak perlu diumbar ke media atau media sosial. Tak ada gunanya publik mengetahui hal itu, kecuali tentu saja kepentingan media itu sendiri!” kata Berbatov via Betfair.

Mantan pemain timnas Bulgaria itu lantas menyarankan agar setiap permasalahan diselesaikan secara dua arah. Ia melihat media kini kebanyakan dijejali persoalan di luar lapangan ketimbang hal-hal teknis yang sebetulnya bisa menjadi bahan pertimbangan pelatih atau manajer.

“Sepak bola modern membuat pemain begitu berkuasa, mereka adalah bintangnya. Sebetulnya normal bagi tiap orang memiliki pendapat, tapi saya terkejut bisa kebablasan. Seharusnya hal-hal seperti ini menjadi urusan internal saja. Kalian semua kan sudah dewasa, jadi selesaikan di ruang ganti,” sambungnya.

Mourinho menarik status wakil kapten akibat imbas dari polemik yang terjadi di tubuh Manchester United. Ini menjadi sinyal buruk buat Setan Merah yang tengah terpuruk dan mencoba bangkit dari hasil negatif dalam beberapa pekan belakangan.

Video: Persib Terima Keputusan PSSI